Himmatul Kholidah, Staf PSDM UNAIR Raih Wisudawan Terbaik Pascasarjana

image
By deddy Triono On Wednesday, August 10 th, 2016 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Barjalan atau tidaknya operasional Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) sangat bergantung pada manajemen likuiditas. Diperlukan usaha yang efektif, efisien, dan optimal dalam menutup kelebihan dan kekurangan dana yang ada di dalam bank.

Topik itulah yang menjadi bahasan Himmatul Kholidah dalam penelitian tesisnya dengan judul “Kualitas Manajemen Risiko Likuiditas pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Kabupaten Sidoarjo dengan Metode Liquidity Risk Management (LRM) Index”. Tesis tersebut berhasil turut mengantarkan Himmatul menjadi wisudawan terbaik dari Sekolah Pascasarjana UNAIR pada wisuda periode Juli 2016. Staf bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi UNAIR ini akhirnya meraih IPK nyaris sempurna, yaitu 3,93.

Tak hanya pengetahuan akademik yang diterima di saat kuliah, berbagai ilmu yang berkaitan dengan agama sering ia dapatkan sebagai dukungan dan motivasi dalam menyelesaikan studi.

”Tidak saja fokus pada ilmu dari bangku perkuliahan, tetapi berbagi ilmu yang berkaitan dengan agama, saya jadikan sebagai dukungan dan motivasi saat menjalani studi. Selain itu tugas saya sebagai tenaga kependidikan (karyawan) juga berperan penting dalam menjalani perkuliahan sehingga bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu,” tambahnya.

Sebagai aktivis yang pernah bergabung  dalam Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HIMA EKIS), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) FEB, dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), diakui bahwa HIMA telah mengajarkan betapa pentingnya totalitas dalam segala aktivitas yang dijalani.

“Tidak ada trik khusus untuk capaian ini, karena pada awal perkuliahan tidak memiliki target menjadi wisudawan terbaik, just do the best!,” kata wanita kelahiran Sidoarjo 4 November 1992. Kendati sibuk sebagai staf PSDM dan Organisasi di UNAIR, Himmatul tak lantas menghambat dirinya dalam mengukir prestasi dibidang akademik.

Berbagai prestasi pernah diraihnya ketika menjadi mahasiswa, baik prestasi dari dalam maupun luar negeri. Prestasi tersebut diantaranya Presenter of International Halal Conference 2010 di Kuala Lumpur, Presenter of World Universities Islamic Philanthropy Conference 2013, Kuala Lumpur; publikasi pada Australasian Journal of Islamic Finance and Business (AJIFB), The Economic Impacts of Islamic Tourism to The Revenue Traders at Sunan Ampel Mosque, dan beberapa prestasi sebagai presenter di Yogyakarta dan Lombok. Pengalaman dan prestasi yang ia capai itu telah menumbuhkan kepercayaan untuk mengembangkan potensi dirinya.

“Menerima penghargaan sebagai wisudawan terbaik ini saya merasa tertantang untuk melakukan lebih baik lagi untuk almamater tercinta,” katanya diakhir wawancara. (*)

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Binti Quryatul Masruroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *