Mahasiswa S2 PSDM working group bioethics

image
By admin-psdm On Monday, October 03 rd, 2016 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Pada tanggal 29 September 2016 lalu, mahasiswa S2 PSDM Universitas Airlangga Surabaya diundang untuk menghadiri working group bioethics yang dibawakan oleh narasumber Ibu Siti Pariani, dr., MS.,MSc.,PhD di ruang rapat Pleno Gedung Kahuripan Kampus C Universitas Airlangga Surabaya. Para peserta working group ini sendiri adalah berasal dari semua program studi S2 dan S3 fakultas UNAIR maupun Sekolah Pascasarjana UNAIR yang telah hadir dalam kuliah umum beliau pada tanggal 20 september 2016. Acara Working Group ini dipimpin langsung oleh Ibu Siti Pariani, dr., MS.,MSc.,PhD sendiri dengan agenda mengulas kembali materi bioethics yang lalu. Namun dalam working group kali ini beliau menginginkan para peserta untuk mempersiapkan tulisan karya ilmiah mengenai profesi-profesi yang menuntut ethics dalam pelaksanaannya. Selain itu beliau juga mengharapkan para peserta untuk menemukan fenomena-fenomena yang ada dilapangan, yang sangat menuntut ethics.

Bioethics sendiri adalah sebuah aktifitas; yang adalah berbagi, yang merupakan penelitian mengenai isu-isu etis dalam perawatan kesehatan, ilmu kesehatan, dan kebijakan kesehatan. Selain itu juga selalu berhubungan dengan Standart etika dan tentu saja, ada didalam setiap jenis profesi apapun, yang seringkali tidak dipertanyakan.

Bioethics juga merupakan suatu studi tentang masalah etika yang biasanya secara kontroversial muncul dari situasi baru dan kemungkinan dibawa oleh kemajuan dalam biologi dan kedokteran. Hal ini juga penegasan moral yang berkaitan dengan kebijakan dan praktek medis. Namun Bioethics sendiri lebih luas daripada ini, karena beberapa isu yang berkembang saat ini juga meliputi kekhawatiran akan tidak begitu banyaknya praktek perawatan kesehatan sebagai bentuk perilaku dan hasil penelitian di bidang ilmu pengetahuan. Banyak hal lebih ditekankan kepada keuntungan pribadi dan golongan saja tanpa memperhatikan prinsip etika dalam berperilaku dan mengamalkan ilmu bagi kepentingan orang banyak serta membantu orang lain. Malahan yang ada “…ilmu tersebut dipakai untuk ngeminteri (mengambil untung) orang lain…” ujar Ibu Siti Pariani, dr., MS.,MSc.,PhD didalam kuliah umum yang kemarin.

Semoga melalui ini, besar harapan beliau makin banyak para jiwa-jiwa muda yang giat menuntut ilmu juga makin menekankan etika didalam setiap profesi yang akan digeluti mereka kelak. Pentingnya etika dalam profesi semakin menjadi kebutuhan yang genting karena belakangan ini semakin majunya teknologi dan pengetahuan bukannya menambah sejahtera masyarakat luas dan mampu meningkatkan moralitas bangsa indonesia, akan tetapi malahan semua itu makin menjerumuskan orang banyak kedalam jurang degradasi moralitas yang makin lama makin merosot tajam. Oleh karena itu sesuai dengan motto Universitas Airlangga, yaitu “Excellent with Morality”, memiliki semangat yang besar untuk menjadi pelopor yang menjunjung tinggi etika dalam dunia akademisi sehingga dapat mencetak lulusan-lulusan terbaik yang tidak saja menjunjung tinggi ilmu pengetahuan namun juga etika.

Hidup UNAIR jayalah selalu….!!!

Sumber :
Tim Web UNAIR NEWS

Link:
https://en.wikipedia.org/wiki/Bioethics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *