Mahasiswa S2 PSDM – Pengabdian Masyarakat

image
By admin-psdm On Thursday, October 20 th, 2016 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Pada tanggal 14 oktober 2016 yang lalu, Mahasiswa Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Adapun kegiatan masyarakat kali ini adalah dengan memberikan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Aparat Desa Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik”. Narasumber dari kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Surabaya yaitu Bpk. Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si yang membawakan tema utama dari Pelatihan tersebut mengenai Kompetensi dan Aparatur Desa.

Para peserta yang menghadiri acara “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Aparat Desa Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik” ini adalah para aparatur desa yang melayani di Kecamatan Panceng. Acara sendiri berjalan lancar dengan berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan dari para aparatur desa panceng. Bpk. Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si sering menekankan kepada para peserta agar tidak terlena dengan kompetensi yang terlihat akan tetapi lebih meningkatkan talenta seseorang. “… jangan terlena dengan kompetensi yang kelihatan dipermukaan seperti Skill, Knowledge dan Attitude yang hanya merupakan pucuk dari fenomena gunung es. Padahal yang didalam terdapat potensi yang lebih besar yang sanggup bahkan menenggelamkan kapal titanic. Yang saya maksud disini adalah sering kali yang diluaran itu hanya kebenaran semu dari seseorang. Padahal didalam seseorang terdapat keunggulan yang lebih dapat meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja…” Ujar Bpk. Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si kepada para hadirin.

Di lain pihak Bpk. Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si ketika menyinggung mengenai apa itu Aparatur Desa, beliau berkata dengan tegas bahwa “… seringkali para aparatur negara merasa diri mereka sebagai tuan bukan sebagai pelayan masyarakat. mereka bukan sebagai pamong praja yaitu pelayan rakyat malahan menjadi prabu praja yaitu tuan rakyat. Oleh karena itu konsep yang demikian perlu diubah. Rakyat adalah Tuan dan kita adalah Pelayan. memang bekerja sebagai PNS tidak dituntut seperti mereka yang diswasta karena bagi mereka konsumen adalah raja dan kalau konsumen tidak puas maka bisa dipecat. namun sudah seyogyanya seorang PNS harus melihat rakyat adalah sebagai seorang raja juga…”

Harapan Bpk. Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si sendiri dalam Pelatihan kali ini adalah demi menyadarkan para aparatur desa supaya lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat di kecamatan panceng bisa menikmati dan mengapresiasi kinerja aparatur desa sehingga masyarakat puas maka aparatur desa juga senang.

Sumber :
Tim Web UNAIR NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *