UNAIR Selenggarakan Pendidikan S-2 di Banyuwangi

image
By usi_pasca On Wednesday, January 11 th, 2017 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Dalam rangka menguatkan kualitas sumber daya manusia di Banyuwangi, Universitas Airlangga Program Studi di Luar Domisili (PDD) Banyuwangi menyelenggarakan pendidikan formal jenjang magister. Kedua prodi yang diselenggarakan di UNAIR PDD Banyuwangi adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Kebijakan Publik. Proses pendaftaran prodi jenjang S-2 UNAIR PDD Banyuwangi sudah dibuka mulai Senin (18/7).

Penyelenggaraan dua prodi jenjang magister di UNAIR PDD Banyuwangi merupakan respon UNAIR terhadap permintaan Bupati Banyuwangi dengan tujuan penguatan birokrat SDM Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Pendidikan UNAIR Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Dra., M.Si.

“Ini erat dengan kebijakan dari Bupati Banyuwangi bahwa beliau ingin mengembangkan SDM di sana. Membantu menguatkan SDM di Banyuwangi tidak harus dengan membuka prodi, karena UNAIR sudah punya di sini (Surabaya). Sehingga bupati meminta agar pegawai pemda bisa kuliah S-2 di kampus UNAIR Banyuwangi. Ini memang fokusnya untuk penguatan SDM di Kabupaten Banyuwangi,” ujar Prof Nyoman.

Rekrutmen mahasiswa baru S-2 ini ditujukan untuk para pegawai pemkab, seperti karyawan, pegawai, pendidik, dan masyarakat Banyuwangi lainnya yang ingin melanjutkan studi jenjang S-2. Daya tampung penerimaan masing-masing prodi yaitu sekitar 15 sampai maksimal 20 untuk masing-masing program studi.

“Ke depan, kami menerima sekitar 15 sampai 20 calon mahasiswa yang akan dikuatkan kualitas pendidikan mereka untuk menempuh S-2. Sehingga lebih dibutuhkan prodi PSDM karena ini penguatan, dan yang kedua adalah Kebijakan Publik. Ini terkait semua aspek pemerintahan dalam mengelola me-manage wilayah di Banyuwangi,” tambahnya.

Prof. Nyoman seraya menambahkan, dosen-dosen UNAIR pada prodi terkait akan didatangkan dari Surabaya untuk mengajar mahasiswa S-2 UNAIR PDD Banyuwangi.

Meski demikian. Prof. Nyoman menegaskan penyelenggaraan prodi jenjang S-2 bukan berarti membuka prodi. Karena membuka prodi membutuhkan pertimbangan pada aspek tenaga pengajar, sarana prasarana, dan persiapan menuju akreditasi.

Sebelumnya, ada empat prodi jenjang S-1 yang sudah dilaksanakan di UNAIR PDD Banyuwangi. Keempat prodi tersebut adalah Budidaya Perairan, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, dan Akuntansi. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Defrina Sukma S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *