Semua Alumni UNAIR Dihimbau Segera ‘Update’ Data di Web IKA

image
By usi_pasca On Selasa, Februari 21 st, 2017 · no Comments · In

UNAIR NEWS – Wakil Rektor IV Universitas Airlangga, Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., M.Sc., Ph.D., berharap kepada semua alumni Universitas Airlangga, baik angkatan/lulusan tahun berapa pun dan sekarang tinggal dimana pun, hendaknya bisa segera melakukan update statusnya sebagai alumni pada website khusus alumni UNAIR di alamat www.alumni.unair.ac.id. Pada website itu juga sudah dilengkapi petunjuk-petunjuk update-nya.

Menurut Junaidi Khotib, dengan ter-update-nya data alumni, terutama mengenai professi dan atau pengabdiannya saat ini, termasuk alumni yang berprestasi, maka sangat menunjang reputasi akademik almamater. Apalagi UNAIR kini sedang berusaha mewujudkan harapan pemerintah untuk bisa masuk dalam daftar 500 World Class University (WCU), sehingga data alumni sangat penting.

”Selain itu, dengan data-base yang baik akan memudahkan kita mencari alumni dengan berbagai professi di berbagai cabang atau wilayah,” kata Wakil Rektor IV UNAIR itu. Hal yang sama juga pernah disampaikan pada pelantikan IKA Fakultas Perikanan dan Kelautan, (12/2) pekan lalu.

Ia berharap, tahun 2020 nanti basis kekuatan alumni sudah berada pada berbagai cabang atau wilayah. Jadi bukan lagi di fakultas-fakultas. Artinya diantara para alumni lintas fakultas itu sudah membaur/menyatu. Untuk itu maka data-base yang solid akan sangat mendukung. Sehingga para alumni dihimbau segera update data. Bagi yang sudah mengetahui diharap memberitahukan kepada rekannya dan atau membantu meng-update.

”Alumni yang sepuh-sepuh itu kan migran teknologi, sedang yang muda-muda sudah lahir bersama teknologi dan berkawan dengan teknologi,” katanya.

Menurut Junaidi, di suatu PTN terkenal pun belum ada yang alumninya ter-update 100%. Tetapi dengan 50% ter-update saja sudah mampu membikin IKA menjadi baik pula. IKA UNAIR diharapkan juga segera menyusul seperti itu. Jika saat ini baru ada lima hingga sepuluh alumni yang update data setiap hari, diharapkan nanti bisa lebih banyak. Untuk itu harus selalu diinformasikan.

”Jika tahun 2020 nanti 60% alumni UNAIR sudah ter-update, itu sudah sesuatu yang sangat baik bagi almamater, selain itu membanggakan. Untuk itu harap pengurus IKA Cabang dan IKA Wilayah (provinsi) menggerakkan anggota alumni di daerahnya,” tambah Warek IV UNAIR itu.
Petunjuk Teknis

Dalam website IKA: www.alumni.unair.ac.id juga sudah dilengkapi Tutorial Update Data. Pertama yang harus dilakukan yaitu mencari nama Anda di database alumni UNAIR dengan cara: masuk ke laman. Lalu klik database alumni, kemudian pilih fakultas, pilih tahun masuk, lalu isikan nama Anda di kolom search. Jika nama Anda muncul, maka silahkan klik update data. Setelah itu lalu login dengan NIM dan password yang sudah Anda buat.

Tetapi apabila Anda belum mempunyai akun, atau ingin membuat akun, maka silahkan nge-klik permintaan akun dan tunggu balasan dari admin web.

Jika Anda alumni baru, dan nama Anda belum/tidak terdaftar di database alumni UNAIR, maka Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Hal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut: awalnya masuklah ke laman www.alumni.unair.ac.id. Kedua, klik database alumni, kemudian pilih fakultas, pilih tahun masuk Anda, lalu isikan nama Anda di kolom search.

Jika nama Anda tidak ada di database maka klik registrasi alumni, maka silahkan mengisi sesuai dengan data diri Anda dan tunggu balasan email dari admin web alumni. (*)

Penulis: Bambang Bes